Get snow effect

Minggu, 21 Oktober 2012

Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2

Halo semua ! kali ini aku akan membagikan pengalamanku tentang perang dunia, bukan maksudnya aku hidup dijaman perang dunia tapi aku akan membahas sedikit dari perang dunia 2. Aku juga nggak akan bahas detail tentang perang dunia 2 tapi aku akan tulis secara garis besarnya aja.
Jadi dari perang dunia 2 ada penyebab umum  dan khusus, jadi penyebab-penyebab ini yang memicu terjadinya perang dunia 2. Tenang yang masih belom paham atau belom pernah menggali tentang perang dunia 2, karena aku nggak akan meribetkan yang belom ngerti jadi tenang aja ya and keep reading.

  • Penyebab Umum
Ada beberapa penyebab umum, dan penyebabnya gampang kok. Soalnya semua pasti tahu apa aja yang membuat seluruh dunia bertengkar, jadi inilah penyebab umum perang dunia 2

  • Gagalnya LBB dalam mendamaikan dunia
Gagalnya LBB dalam mendamaikan dunia adalah salah satu penyebab umum dari perang dunia 2, dalam perang dunia 1 dibentuk organisasi yang bernama LBB. Organisasi ini adlah organisasi yang misinya mendamaikan dunia, tapi kali ini LBB gagal menjalankan misinya mendamaikan dunia. Kenapa LBB gagal ? karena banyak negara-negara besar yang memaksakan keinginannya. Padahal negara-negara kecil tidak terlindungi. Jadi dari sini sudah ketahuan kalo LBB gagal mendamaikan dunia.
  • Perlombaan persenjataan
Jadi seiring perkembangan jaman, banyak negara yang membuat banyak senjata hebat dan mereka saling bertarung untuk menjadi yang terbaik. Jangan salah perlombaan ini malah menjadi pemicu terjadinya perang dunia 2, semua orang membanggakan dirinya sendiri. Jadi bayangin aja kalau ada anak kecil yang membela jagoannya masing-masing, contoh anak a jagoannya batman anak b jagoannya superman, mereka saling adu mulit, lalu saling pukul memukul kalau diteruskan lagi mereka bisa beramtem. Jadi begitulah bayangannya.
  • Perbedaan paham
Perbedaan paham artinya pada jaman itu udah ada paham demokrasi, paham nazi, paham komunis dan lain-lainnya.
  • Revancheidee
Revancheidee itu artinya seperti balas dendam, jadi pada saat perang dunia 1 Jerman merasa sangat dirugikan. Dan semua yang merasa kalah ingin membalas dendam, dan juga karena kelemahan LBB balas dendam ini terwujut dan terjadilah perang dunia 2.
  • Perebutan tanah jajahan
Pada jaman dahulu banyak yang memperebutkan tanah jajahan, yang tanah jajahannya sedikit merasa iri dengan tanah jajahan yang banyak. Jadi yang tanah jajahannya yang sedikit ingin merebut tanah jajahan yang banyak, tapi yang tanah jajahannya banyak nggak mau tanah jajahannya diambil.
  • Munculnya persekutuan
Munculnya persekutuan ini maksudnya banyak yang menganut paham ini dan itu dan saat disatukan mereka banyak yang berbeda pendapat dan akhirnya muncul persekutuan. Kasusnya sama seperti anak kecil yang aku ceritain diatas tadi.
  • Penyebab Khusus
Dari penyebab umum kita beralih ke penyebab khusus. Apa bedanya penyabab khusus dan penyebab umum. gampangnya khusus itu lebih detail dan lebih memicu terjadinya perang dunia. Dan penyebab khusu dari perang dunia 2 ini adalah penyerangan Jerman terhadap kota Danzig. Jadi Jerman yang merasa sangat dirugikan itu menghianati LBB, akhirnya menyerang kota Danzig yang sangat dilindungi oleh LBB. Dan dari situ semua negara mulai berperang karena pengkhianatan Jerman terhadap LBB, banyak yang membela Jerman dan banyak yang tidak.

Sampai disini dulu pembahasan dari perang dunia 2, nanti kalau ada waktu aku post lagi deh. Kalo ada yang belom paham comment ya.... Nanti kalo bisa dijawab. Oke sampai disini dulu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar